Apa Saja Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Budaya yang sudah lama dilaksanakan sejak dulu ini menjadi prosesi seharusnya dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang kebingungan sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah lantas aja Sputnik beri tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Perlengkapan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol nasihatnya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan bebauan.

Baju Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih indah.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini biasanya sang wanita amat concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh harapan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama cocok dengan budget kalian . Kalau sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini pelbagai – tipe isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian budaya budaya seumpama betawi seharusnya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian budaya yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sesungguhnya ngga ada ketentuan seharusnya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian budaya seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item seharusnya banget yang seharusnya sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tetapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih simpel dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita ingin memberikan apa saja sebab sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak seharusnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *